Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , » Liga Arab Desak Pembentukan Pengadilan Khusus untuk Kejahatan Israel

Liga Arab Desak Pembentukan Pengadilan Khusus untuk Kejahatan Israel

Posted by Berita Line on Thursday, April 21, 2016

Liga Arab Desak Pembentukan Pengadilan Khusus untuk Kejahatan Israel
Tentara Israil
Berita Line - Ketua Liga Arab, Nabil al-Arabi, Kamis (21/4/2016), menyerukan dibentuknya pengadilan khusus untuk meminta pertanggungjawaban Israel.

Seruan ini dikeluarkan dalam sebuah pertemuan untuk mengecam pernyataan Israel yang tidak akan melepaskan cengkeramannya terhadap dataran tinggi Golan.

Dalam pertemuan di Kairo, Mesir itu, delegasi dari 22 negara-negara blok Arab diharapkan meloloskan sebuah resolusi untuk mengecam pernyataan PM Israel Benyamin Netanyahu pada Minggu (17/4/2016).

Saat itu, Netanyahu menegaskan bahwa dataran tinggi Golan yag diduduki pada 1967 seteah direbut dari Suriah akan tetap menjadi milik Israel selamanya.

Israel merebut dataran tinggi yang srategis itu setelah dalam perang melawan Suriah, Mesir dan Jordania. Israel kemudian menganeksasi Golan pada 1981 yang dikecam dunia internasional.

"Israel bertingkah seperti sebuah negara yang berada di atas hukum dan akuntabilitas," kata Arabi kepada para delegasi negara anggota Liga Arab.

Sementara itu, Dubes Arab Saudi di Kairo dan Liga Arab, Ahmed Qattan menuding Israel mengambil keuntungan dari konflik di Suriah.

"Negara Zionis itu mengeksploitasi krisis Suriah yang sudah berlangsung bertahun-tahun," ujar Qattan.

Tanpa Suriah yang dinonaktifkan dari organisasi ini, maka 21 anggota Liga Arab secara bulat menyepakati resolusi untuk mengecam Israel serta meminta DK PBB memaksa Israel mematuhi hukum internasional dan resolusi PBB.

Selain mengecam Israel, pertemuan Liga Arab ini juga mendesak digelarnya pengadilan kriminal khusus untuk masalah Palestina.

"Seperti pengadilan internasional yang dibentuk untuk mengadili para mantan pejabat bekas Yugoslavia, Rwanda, Kamboja dan Sierra Leone," kata Al-Arabi.a

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2016 Berita Line. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and News